#htmlcaption1 Go UP! Pure Javascript. No jQuery. No flash. #htmlcaption2 Stay Connected
WHAT'S NEW?
Loading...

troubleshooting: WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED! on SSH

ssh root@1.1.1.1
@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@
@    WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED!   @
@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@
IT IS POSSIBLE THAT SOMEONE IS DOING SOMETHING NASTY!
Someone could be eavesdropping on you right now (man-in-the-middle attack)!
It is also possible that a host key has just been changed.
The fingerprint for the ECDSA key sent by the remote host i5:00:1a3:56:4e:20:4f:f1:c5:34:d2:3e:1e:56:bb:c3.
Please contact your system administrator.
Add correct host key in /root/.ssh/known_hosts to get rid of this message.
Offending ECDSA key in /root/.ssh/known_hosts:1
ECDSA host key for 1.1.1.1.1 has changed and you have requested strict checking.

 pernah mengalami masalah diatas ?
atau sedang mengalami masalah diatas ?
jika ya, mari kita bahas bagaimana cara mengasati masalah tersebut.


saat kita sedang ,meremote  server atau mengkonfigurasi server dari jarak jauh dengan menggunakan SSH, maka tidak dapat dipungkiri bahwa masalah pasti ada. memang banyak keuntungan yang kita dapat dari kita menggunakan ssh untuk meremote server, tetapi juga banyak kekurangan yang akan kita terima saat menggunakan ssh. salah satunya adalah seperti contoh diatas. contoh diatas dan cara penyelesaiannya adalah murni saya dapat dari pengalaman pribadi saya sendiri, bukan hasil copy -> paste dari orang lain, tapi benar-benar dari pengalaman saya pribadi, karena belakangan ini saya sering menggunakan ssh untuk meremote server. berberaoa kelebihan jika kita menggunakan ssh adalah :

1. kita bisa lebih memanfaatkan multi user dan multi tasking yang ada, jadi kita dapa menggunakan server beramai-ramai, atau keroyokan, untuk mengerjakan tugas yang berbeda-beda pula.

2. kita bisa mengkonfigurasi server dari mana saja, dari laptop, pc, bahkan 
smartphone sekalipun. ada persyaratan khusus tentunya, yaitu, harus terkoneksi di jaringan yang sama, sudah diinstall SSH server, maupun clientnya, terkoneksi ke internet,dll.
3. dll


tetapi hukum unversal yang berlaku diplanet kita ini, jika ada kelebihan pasti ada kekurangan, apa saja kekurangan ssh ?

  1. keamanan. ya sangat memungkinkan sekali jika ada pihak yang tidak diinginkan dapat mengakses server kita dengan mudah, dengan ssh, maka pastikan anda telah mengamankan server anda, jalur mana saja yang dapat diakses, dan perhatikan selalu untuk logout setelah selesai.

  2.  sangat bergantung pada koneksi internet, jadi jika ada masalah dengan koneksi kita, maka dapat dipastikan koneksi kita ke serverpun akan terganggu, mulai dari lambatnya response dari terminal, hingga dc/discconnect, yang menyebahkan kita harus masuk lagi.

sebenarnya cara untuk ,mengatasi masalah diasat adalah cukup dengan merestart server. ya cukup dimatika dan nyalakan lagi, maka masalah selesai, setelah server hidup, coba masuk lagi dengan ssh diterminal. sejauh ini, cukup saya melakukan langkah-langkah itu maka saya bisa menggunakan server lagi dengan ssh. 








0 komentar:

Post a Comment